Bimas Buddha Lampung Adakan Dialog Kerukunan Intern Umat Buddha Se Lampung

Bandar Lampung – Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melaksanakan Dialog Kerukunan Intern Umat Buddha di Hotel Kurnia II Bandar Lampung (Selasa, 19 April 2022).

Dialog yang diadakan ini mengusung Tema “Mewujudkan Kerukunan Umat Buddha, Untuk Persatuan Indonesia”.

Bimas Buddha Lampung dalam hal ini sebagai pelaksana kegiatan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Korem 043 Garuda Hitam yang membahas mengenai nilai-nilai kebangsaan (4 Pilar Kebangsaan).

Selain itu juga diisi oleh Bhikkhu Sangha yang membahas matrri mengenai Tri Kerukunan Umat Beragama.

Dalam Pembukaan Acara, Pembimas Buddha Provinsi Lampung Sariyono, S. Ag., M.Si mengatakan bahwa peserta yang mengikuti sebanyak 50 orang berasal tokoh, pemuka, organisasi, ketua vihara se Provinsi Lampung. Dialog ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memelihara serta menjaga kerukunan umat buddha se provinsi lampung.

20220419 092458

Dialog Kerukunan Intern Umat Buddha ini dibuka langsung oleh PLT Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Drs. H. Karwito, MM.

Ia menyampaikan apresiasi atas terlaksananya acara dialog yang dilaksanakan. “Saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai upaya menjaga kerukunan umat beragam yang ada di Provinsi Lampung” ujar Karwito.

PLT Kakanwil kemenag Provinsu Lampung ini juga menyampaikan bahwa keberagaman yang kita miliki sebagai bangsa indonesia tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Hal ini menurutnya perlu dirawat sebagai bingkai keberagaman yang indah.

“Di negara-negara luar sana, sukunya tidak sebanyak Di Indonesia sedangkan disini begitu beragam. Begitu juga dengan bahasa, di arab contohnya kalau kita bisa satu bahasa saja, bisa hidup dan berkomunikasi di satu semenanjung arab. Di indonesia, kita punya banyak bahasa yang tidak bisa dipelajari hanya dalam beberapa semester kuliah. Hal ini yang perlu kita rawat dan kita jaga bersama-sama” tambah karwito.

Komentar