Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan: Endang Asnawi Ingin Masyarakat Jaga Kesatuan

Pemerintahan179 Dilihat

Lotusmediaindonesia.com, Bandar Lampung Anggota DPRD Kota Bandar Lampung, Endang Asnawi atau yang akrab disapa Kang Epeng, menggelar acara sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan dengan menghadirkan dua pemateri ulung yakni Deddy Wijaya Candra selaku tokoh pemuda berpengaruh, dan Anggalana. S.H., M.H, seorang akademisi di bidang Hukum dari Universitas Bandar Lampung yang diadakan di Jalan Yosudarso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung, Minggu (12/11/2023).

Endang Asnawi membuka acara dengan semangat, menyampaikan tujuan kehadirannya dan pelaksanaan acara tersebut adalah untuk terus bersilahturahmi dengan masyarakat dan menjaga kesatuan di tengah masyarakat.

“Kehadiran saya dan terselenggaranya acara ini merupakan wujud komitmen kita untuk terus memperkuat fondasi bangsa ini, yaitu Pancasila. Kita harus bersama-sama menjaga dan menghidupkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pedoman dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Endang Asnawi.

Dirinya juga berharap masyarakat bisa mempraktekan Nilai-Nilai Luhur Pancasila di kehidupan sehari-hari karena Pancasila adalah suatu Dasar yang menyatukan Suku-suku, Agama, Ras dan Antar Golongan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Melalui kegiatan seperti ini, kita berharap masyarakat dapat lebih memahami dan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semoga, dengan kolaborasi antara tokoh pemuda pemerintah dalam hal ini adalah saya dan masyarakat, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membentuk masyarakat yang lebih sadar akan nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila,” pungkas Endang Asnawi.

endang asnawi deddy wijaya candra

Dalam paparan pemateri Deddy Wijaya Candra selaku tokoh pemuda, peserta diajak untuk memahami peran pemuda dalam menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Deddy Wijaya Candra juga menyoroti dampak teknologi, menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi sebagai alat dapat menyatukan dan menjaga Pancasila, namun juga memiliki potensi memecah belah bangsa Indonesia.

“Sekarang ini kita sebagai masyarakat, pastinya tidak bisa meninggalkan yang namanya perkembangan teknologi, dan yang perlu kita sadari teknologi ini adalah seperti dua mata pisau yang bisa bermanfaat sekaligus juga membahayakan. Contoh sederhananya pasti disini banyak yang tau kalau dengan adanya media sosial banyak masyarakat yang mengetahui informasi yang lebih cepat, tapi di lain sisi ada satu permasalahan dari perkembangan teknologi yaitu maraknya permainan judi slot. Ini semua harus kita sikapi dengan tepat.” Pungkas Deddy Wijaya Candra.

Baca Juga : Strategi Pemenangan Ganjar-Mahfud: Koalisi Partai Politik di Lampung Siap Bersatu untuk Pemilu 2024

endang asnawi deddy wijaya candra

Selain itu Anggalana. S.H., M.H sebagai akademisi terkemuka, membahas aspek hukum yang terkait dengan ideologi Pancasila. Beliau menyoroti pentingnya menjaga keadilan dan kebhinekaan dalam kerangka hukum, sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Pancasila. S.H., M.H., Anggalana juga menekankan pentingnya menjaga persatuan di tengah menyambut tahun politik 2024. Dirinya mengatakan bahwa di tahun politik 2024 harus menjaga kestabilan dalam bermasyarakat di tengah perbedaan pilihan politik.

“Sebentar lagi bapak-ibu dan kita semua akan menghadapi tahun politik di 2024, adanya perbedaan tentu adalah hal yang sangat-sangat wajar tapi ini semua jangan menjadikan kita terpecah belah, sesama tetangga tidak bertegur sapa lagi, suami istri menjadi ribut, antar saudara sering berdebat. Ini semua tidak baik dan seharusnya kita terus memegang prinsip persatuan seperti yang ada pada sila ketiga Pancasila.” Jelas Anggalana., S.H., M.H.

Kolaborasi antara Endang Asnawi, tokoh pemuda, dan akademisi memberikan dimensi yang lebih luas dan menyeluruh dalam pemahaman peserta tentang ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Diskusi yang interaktif antara pemateri dan peserta membuka peluang untuk pertukaran gagasan dan pandangan yang mendalam, memperkuat semangat persatuan dalam keberagaman.

Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan: Endang Asnawi Ingin Masyarakat Jaga Kesatuan

Komentar