Komang Koheri hadiri Puncak Perayaan Dharma Shanti Nasional

Jakarta – Anggota DPR-RI Komisi VIII Fraksi PDI Perjuangan, I Komang Koheri, S.E menghadiri Puncak Perayaan Dharma Shanti Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi tahun baru saka 1944 di kompleks parlemen Gedung Nusantara IV, Jakarta (Minggu, 10 April 2022).

Kegiatan dharma shanti nasional dilakukan secara daring dan luring dengan mengusung tema : Aktualisasi nilai tat twam asi dalam moderasi beragama menuju Indonesia tangguh. Ada ratusan umat Hindu yang penuh antusias menghadiri acara ini yang pertama kali di laksanakan di Gedung DPR/MPR RI.

Hadir secara luring dalam acara ini Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A, Anggota DPR RI, Mentri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas, Mentri PPPA Ibu Bintang Puspayoga, Koordinator staf khusus presiden, Para pengurus PHDI pusat dan hadir secara daring adalah Presiden RI yaitu Bapak H Joko widodo, dan umat Hindu dharma dari seluruh nusantara. Kegiatan ini adalah puncak dari rangkaian upacara suci Nyepi tahun baru saka 1944.

Dalam wawancara dengan komang koheri, ia menyampaikan bahwa acara Dharma Shanti Nasional event yang sangat baik dalam memperkuat dan memajukan sumber daya manusia (SDM) umat Hindu di Indonesia.

“Momen ini, bisa jadi rekonsiliasi tokoh-tokoh Hindu dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) agar bisa bersaing secara nasional dan global,” ujar Komang.

dharma shanti


Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan bahwa momen Hari Suci Nyepi kali ini merupakan momen istimewa untuk memperkuat Srada Bhakti, keimanan, dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keseimbangan dengan alam dan lingkungan. Kesempatan untuk mengasah jiwa kemanusiaan kita, membangun solidaritas, dan keharmonisan dengan sesama. Peluang melakukan introspeksi diri, memperbaiki yang kurang, dan memperkuat yang lemah,” ucap Presiden.


Hal yang unik dari acara dharma shanti ini adalah bertepatan dengan hari suci Rama Navami yaitu perayaan untuk memuliakan kualitas dharma dari Sri Rama. Nilai-nilai dharma dan shanti yang diteladani oleh Sri Rama dapat dijadikan sebagai landasan bagi umat Hindu dalam memupuk dan menjalankan nilai-nilai dharma di dalam kehidupan agar bisa merasakan shanti di dalam perasaan dan pikiran. Saat nilai-nilai dharma di jalankan serta nilai shanti di rasakan maka kesatuan dalam pandangan atma dapat diraih dan kehidupan mencapai arah yaitu Ahimsa (tanpa kekerasan).

Komentar