Kanca Dwinan Bergerak Jalin Komunikasi Dengan Petani

Lampung507 Dilihat

Lotusmediaindonesia.com, Gerakan Pegiat Petani Milenial besutan Dwinan Rahmandi yakni Kanca Dwinan mendapat atensi positif dari petani Lampung Tengah dan Tulang Bawang Barat.

Hal ini terlihat dalam kunjungan dan silahturahmi tim Kanca Dwinan ke Kecamatan Putra Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (8/4/2023).

Perwakilan tim Kanca Dwinan Zona Lampung Tengah dan Lampung Timur, Anton Kurniawan menjelaskan pertemuan yang dilakukan adalah untuk menjalin komunikasi dengan petani sebagai ujung tombak sektor pertanian Indonesia.

“Hari ini kami datang kesini tujuannya untuk berkomunikasi secara langsung dengan bapak ibu petani di kecamatan putra rumbia, saya bersama tim hari ini mewakili mas Dwinan Rahmansi yang berhalangan hadir karena sakit” ujar Anton Kurniawan.

Kanca Dwinan Bergerak Jalin Komunikasi Dengan Petani

Selain itu salah seorang tim Kanca Dwinan, Dedi Aprianto memaparkan beberapa konsep-konsep pertanian Dwinan Rahmandi untuk bisa dijalankan untuk kemaslahatan petani di Lampung.

“Beliau adalah pegiat petani milenial, Mas Dwinan ini memiliki beberapa program yang bisa bersama-sama kita jalankan. Beliau ingin kedepannya memulai demplot pertanian untuk Kecamatan Putra Rumbia dan juga membuka Rumah Aspirasi Petani (Ruas Tani), nanti disana akan menjadi wadah kita berdiskusi terkait pertanian dan juga kami menyediakan alat uji tanah untuk bapak ibu semua” papar Dedi Aprianto.

Hal ini ditanggapi positif oleh petani Kecamatan Putra Rumbia, Aping selaku Koordinator Ketua Kelompok tani mengatakan bahwa petani siap jika kedepannya akan ada bantuan.

“Kami terus terang senang dengan adanya demplot dan program-program yang akan dilakukan, semoga kedepannya mas dwinan ini bisa langsung bertemu dengan kami di masing-masing desa” ujar Aping.

Kemudian tim Kanca Dwinan juga melakukan komunikasi dengan petani di Kabupaten Tulang Bawang Barat tepatnya di Kecamatan Gunung Terang.

Antusias petani terlihat dengan jumlah petani yang menghadiri kegiatan tersebut yakni kurang lebih 45 orang petani yang tergabung dalan poktan dan gapoktan kecamatan gunung terang.

Kanca Dwinan Bergerak Jalin Komunikasi Dengan Petani

Novyansa Evan selaku Perwakilan Kanca Dwinan Zona Tulang Bawang Barat menanyakan mengenai kesiapan Petani di Kabupaten Tulang Bawang Barat tepatnya kecamatan gunung terang untuk diadakannya Demo Plot (Demplot) pertanian.

“Kedatangan kami disini mewakili Mas Dwinan Rahmandi yang tidak bisa hadir, beliau berencana melakukan demplot di kecamatan gunung terang ini untuk bapak-bapak petani disini. Jika memang siap, komoditas apa yang harus kita realisasikan? Ini semua atas kesepakatan bersama antara bapak ibu petani, nantinya mas Dwinan selaku pegiat petani milenial akan memfasilitasinya” pungkas novyansa.

Demplot tersebut kembali menuai reaksi positif dan ditanggapi oleh salah seorang petani yaitu karyono.

“Kami siap dan pasti siap kalau nantinya akan diadakan demplot karena disini belum pernah diadakan demplot, untuk komoditas disini yang kami butuhkan itu padi dan jagung, itu menyesuaikan dibeberapa daerah karena disini ada 2 komoditas itu” jelas karyono.

Selain itu, Tim Kanca Dwinan juga membagikan bingkisan Ramadhan sebagai bentuk sosial kepada masyarakat.

Komentar