Lakukan Sosialisasi dan Pembinaan Gapoktan, PT Dias Pratama Jaya Tegaskan Bahwa Penyaluran Pupuk Harus Penuhi 6T

Lampung148 Dilihat

Lampung Selatan – PT. DIAS PRATAMA JAYA, distributor NPK Bersubsidi dari produsen pupuk PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG (PT. Pusri) melakukan Sosialisasi dan pembinaan kepada Gapoktan Makmur di Desa Mandah, Kecamatan Natar, Lampung Selatan (Selasa, 18 Januari 2022).

Dalam menghadapi musim tanam Januari 2022, sesuai dengan instruksi dari Pemerintah, PT. Dias Pratama Jaya, selaku distributor Pupuk NPK bersubsidi PT. Pusri (Pupuk Indonesia) melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada Gapoktan Makmur, selaku pengecer (kios) di desa mandah, kecamatan Natar, Lampung Selatan terkait penyediaan dan penyaluran pupuk NPK bersubsidi di desa Mandah.

Adapun dalam kesempatan ini, PT. Dias Pratama Jaya bersilahturahmi sekaligus memastikan ketersediaan pupuk dan penyaluran pupuk dapat terdistibusi lancar dan tepat sasaran.

Sosialisasi dan pembinaan ini di hadiri oleh jajaran pimpinan PT. Dias Pratama Jaya, ketua gapoktan Makmur, PPL Kecamatan Natar, dan 16 ketua kelompok tani di Desa Mandah.

Dalam hal ini, Direktur PT. Dias Pratama Jaya, Deddy Candra menekankan bahwa distributor selain berperan mendukung program kerja Pupuk Indonesia dalam menyalurkan dan memenuhi kebutuhan pupuk petani, peran distributor dan kios (pengecer) bisa menjadi kunci keberhasilan penyaluran pupuk bersubsidi hingga ke tangan petani yang berhak menerima sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang benar, dalam hal ini Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

IMG 20220118 WA0002 1

Deddy Juga menjelaskan, Sesuai arahan dari PT. PUSRI selaku Produsen pupuk UREA dan NPK, Penyaluran pupuk bersubsidi ini juga haruslah memenuhi beberapa syarat utama.

“Sesuai Pesan dan arahan dari PT PUSRI bahwa penyaluran pupuk bersubsi ini tidak boleh sembarangan dan harus memenuhi kualifikasi 6T.6T ini adalah tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu, dan tepat mutu”, ujar deddy.

Kembaryono, selalu ketua gapoktan makmur yang juga pengecer resmi pupuk bersubsidi di desa mandah, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT. Dias Pratama Jaya, dengan dilakukannya pembinaan kepada kelompok tani agar setiap program dapat dimengerti dan dipahami, mengenai peraturan pemerintah dalam proses penyaluran pupuk sampai ke pihak petani.

Kembaryono, juga menerangkan untuk wilayah desa mandah, ketersediaan pupuk bersubsidi tergolong lancar, terutama pihak distributor NPK (PT. Dias Pratama Jaya) yang telah di menyalurkan ke pihaknya (selaku kios pengecer) sangat lancar dan sebagian besar telah tersalurkan kepada petani.

Sri, Selaku PPL desa mandah, menambahkan kegiatan koordinasi antara distributor, kios pengecer serta gapoktan dengan pemerintah setempat sangat baik, untuk menjalin sinergitas antara dinas terkait dan sistem penyaluran pupuk bersubsidi dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Komentar