Sudin, SE dan KKP Menerbangkan Bimtek: Menuju Transformasi Usaha Hebat Nelayan dan Keluarganya

Lampung, Pemerintahan161 Dilihat

Lotusmediaindonesia.com, Bandar Lampung – Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarganya, Kementerian Kelautan & Perikanan serta Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin, SE, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pengembangan dan diversifikasi usaha bagi para nelayan. Acara ini merupakan langkah konkret dalam mendukung sektor perikanan yang menjadi tulang punggung perekonomian kota Bandar Lampung, Minggu (29/10/2023).

Bimtek yang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing ini dihadiri oleh Dr. Agus Suherman S.Pi, M.Si selaku Dirjen Tangkap Kementerian Kelautan & Perikanan beserta pejabat terkait dan ratusan nelayan beserta keluarga mereka. Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada nelayan dalam mengembangkan usaha perikanan mereka, serta menjajaki peluang diversifikasi usaha di sektor perikanan.

Sudin, SE dan KKP Menerbangkan Bimtek: Menuju Transformasi Usaha Hebat Nelayan dan Keluarganya

Dalam sambutannya, Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin, SE, menyampaikan bahwa dirinya berharap masyarakat khususnya nelayan bisa mempunyai kehidupan yang lebih baik dan tidak dianggap pekerjaan yang kurang baik.

“Saya lahir di Lampung, walaupun lingkup kerja saya se-Indonesia tapi saya ingin kampung halaman saya ini maju, khususnya untuk para nelayan yang memang selama ini kurang mendapat perhatian. Saya sangat berusaha dan berharap bagaimana nelayan memiliki perekonomian yang baik ditunjang dengan pengetahuan yang mumpuni, oleh karena itu kami hadir disini.” pungkas Sudin, SE.

Sudin, SE dan KKP Menerbangkan Bimtek: Menuju Transformasi Usaha Hebat Nelayan dan Keluarganya

Bimtek ini menghadirkan sejumlah pemateri yang ahli di bidangnya, diantaranya adalah para penyuluh perikanan. Mereka memberikan wawasan tentang teknik penangkapan ikan yang berkelanjutan, pemrosesan ikan dan perawatan mesin.

Baca Juga : Sudin Resmikan Program Kalaju di Pulau Pasaran, Deddy Wijaya Candra Ajak Masyarakat Peduli Sampah

Irwan selaku Penyuluh perikanan mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung sampai sore hari, dimana nanti dirinya bersama tim akan memberikan pengetahuan lebih kepada para nelayan yang hadir.

“saya bersama tim nanti akan memberikan beberapa pelatihan diantaranya yakni pengolahan hasil tangkap serta diversifikasinya, selain itu juga nanti ada pelatihan mengenai perawatan mesin yang tentunya dibutuhkan nelayan” jelas Irwan.

Peserta Bimtek pun sangat antusias mengikuti berbagai sesi pembelajaran dan berbagi pengalaman satu sama lain. Mereka memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada para ahli di berbagai bidang terkait perikanan. Para nelayan dan keluarganya juga diajarkan tentang prinsip-prinsip keberlanjutan yang penting dalam menjaga sumber daya laut yang ada.

Slamet seorang nelayan yang hadir dalam Bimtek ini mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terbantu atas adanya Bimbingan Teknis ini karena dirasakan sangat menjadi wujud nyata pemerintah ditengah masyarakat.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya acara ini. Tadi juga diberikan bantuan mesin kapal, ya saya bersyukur atas kehadiran pejabat-pejabat ini.” tandas Slamet.

Sudin, SE dan KKP Menerbangkan Bimtek: Menuju Transformasi Usaha Hebat Nelayan dan Keluarganya
Deddy Wijaya Candra Secara simbolis memberikan bantuan sembako kepada Nelayan TPI Lempasing

Turut hadir dalam acara ini tokoh pemuda Kota Bandar Lampung yakni Deddy Wijaya Candra. Dirinya mengatakan bahwa kegiatan yang digagas Sudin, SE bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan ini sudah sangat membantu masyarakat.

“Bapak Sudin hadir di TPI ini sudah kesekian kalinya, bukan sekali dua kali saja dan saya rasa ini adalah bentuk kepedulia dirinya kepada para nelayan dan tadi saya sudah ngobrol-ngobrol bersama beberapa nelayan, mereka merasa dibantu oleh pemerintah” Jelas Deddy Wijaya Candra.

Acara Bimtek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang dengan meningkatkan pendapatan nelayan dan menciptakan berbagai peluang usaha baru yang berkelanjutan. Pemerintah Kota Bandar Lampung juga berencana untuk terus mendukung nelayan dalam menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh melalui Bimtek ini agar sektor perikanan semakin berkembang di wilayah ini, menciptakan peluang bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

Komentar